Sunday 8 September 2013

Review for "Mumi Legenda"

Mumi Legenda (NSJ 2122)
My rating: 3 of 5 stars

Aku sukaaaa. Sayang klimaksnya kurang "wah".

Kukira ceritanya bakal ada perang besar di NSJ atau kerusuhan besar atau semacam itu, deh. Ternyata cuma rusuh karena chip dan mumi yang dicuri. Oke, gak apa-apa. Aku tetap suka, kok. Cuma kurasa bakal lebih seru kalo misalnya ada perang besar yang melibatkan semua orang di dunia cuma gara-gara mumi itu.

Aku gak bisa ngebayangin seimut apa sih, muka si Rekha sampai-sampai orang-orang gak sadar umur dia sebenernya udah 18. Seirit apa sih, wajahnya sampai dia dianggap anak SD? Terus, emang dia pendek ya, sampai-sampai orang gak bisa berpikir sedikit kalo dia itu udah 18 tahun? Hahaha, keren keren. Aku sirik berat sama dia yang mukanya irit xD

Aku bener-bener gak nyangka si Don yang dingin edan itu ternyata muslim... yang lebih gak nyangkanya lagi, Don yang sebenernya bisa dibilang baik banget dan sabar banget itu bisa berubah jadi manusia terjutek di lab GT. Keren, keren. Don keren banget. Gak ngerti lagi kenapa ada orang yang bisa kayak gitu. Justru, aku malah seneng sama si Don... hahaha~

Lee... oke, awalnya kukira dia orang China nyatanya bukan. Dan aku gak ngerti kenapa dia so sweet, sekaligus maksa juga. Rekha belum bilang apa-apa, plissss bangeeeet. Tapi dia udah main klaim aja... ya udahlah, terserah dia~ yang jelas dia manisnya gak nahaaan ><

Adda bayi kloning? Oke, aku cuma sedikit berpikir, kloning di zaman sekarang, abad 21 ya, masih diperdebatkan karena satu: dia gak punya ruh. Logikanya, kalo Adda emang bayi kloning, harusnya dia gak punya perasaan kayak galau gara-gara Vladi, marah gara-gara Don, atau bahkan dia gak mungkin bisa ngehibur Rekha. Bisa dibilang, dia bahkan gak peduli dengan apapun kecuali pekerjaannya. Seharusnya gitu, kan? Mm... yah, tapi itu semua terserah pengarang sih, itu cuma yang ada di pikiran aku mengingat Adda itu bayi kloning.

Soal mumi Miriam, dibekuinnya gimana? Kalo dia bisa dikeluarkan sama Don saat membeku, artinya dia gak dikasih es, ya? Aku cuma penasaran aja sama cara ngebekuinnya kalo gak pake es. Yah, namanya juga dunia masa depan. Lagi-lagi, itu semua terserah imajinasi pengarang~

Soal memori Miriam yang cuma bisa ditransfer sama Rekha, itu karena Rekha sebenarnya anaknya dia, kan? Jadi, dia cuma mau ngasih memorinya ke anaknya sendiri, dan menutup memorinya buat yang lain? Apa karena dia bener-bener gak tau harus percaya sama siapa, sama halnya dengan Rekha yang galau mau ngasih memori itu ke NSJ atau ke Prof. Alfredo? Terus, aku masih penasaran dengan cara dia menutup memorinya itu gimana. Terus lagi, kalo memorinya udah ditransfer ke satu chip, memorinya bisa ditransfer ke chip lain lagi, gak? Atau sistem kerjanya sama kayak ATM yang sekali ditransfer, uangnya bakal bener-bener kekirim atau istilah lainnya kayak cut-paste di komputer?

Oh ya, kalo... apa itu namanya? Chip yang bisa men-transfer apa yang dipikirkan dalam otak ke dalam bentuk ucapan? Yang dipake sama ibunya Rekha? Yah, pokoknya itu. Itu... semua yang dipikirkan bakal keluar dalam bentuk ucapan? Kalo misalnya dia berpikir tapi gak berniat menyuarakannya gimana? Bakal keluar juga? Atau chip itu bisa menyortir mana yang akan disuarakan mana yang ngga? Lagi-lagi, semuanya gimana pengarang~

Ini harusnya review, tapi entah kenapa malah jadi puluhan pertanyaan. Yah, kayaknya segitu dulu aja~ intinya, aku bakal cintaaaaaaaaa banget sama novel ini kalo konfliknya lebih "wah".

No comments:

Post a Comment